Seserahan

Seserahan

Seserahan

Seserahan merupakan suatu rangkaian acara sebelum diadakannya resepsi pernikahan. Daftar seserahan pernikahan setiap pasangan yang akan menikah tentu saja berbeda-beda, tergantung dari adat ataupun suku orang tersebut. Tetapi, secara umum daftar tersebut hampir sama antara satu suku dan suku lainnya. Seserahan adalah simbolis barang-barang yang diberikan dari pihak pria yang biasanya dipakai sebagai bentuk tanggung jawab atas pihak wanita. Dan sebagai balasannya biasanya pihak wanita juga memberikan seserahan untuk pihak pria, namun untuk jumlahnya tidak sebanyak seperti pihak pria memberikan kepada pihak wanita. Seserahan yang diberikan oleh pihak pria dalam adat jawa biasanya mewakili pakaian wanita dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tetapi, sebelum melakukan seserahan, sebaiknya Anda menyiapkan daftar belanja seserahan agar tidak ada yang ketinggalan. Daftar  belanja seserahan ini berguna untuk mempermudah kita agar  belanja seserahan tidak melebar dan berkonsentrasi pada barang-barang yang nantinya akan terpakai setelah acara pernikahan berlangsung.

Yang perlu Anda cantumkan dalam daftar seserahan pernikahan yang pertama yaitu perlengkapan ibadah. Contohnya jika Anda seorang Muslim maka alat sholat adalah seserahan yang wajib Anda sertakan. Ini merupakan simbol agar rumah tangga Anda kelak dapat berpegang teguh pada agama. Didalam kotak perlengkapan ibadah ini biasanya terdiri dari mukena, Al-Qur’an, sajadah dan tasbih. Yang juga termasuk dalam daftar setelah perlengkapan ibadah yaitu satu set perhiasan ini biasa dijadikan simbol pernikahan untuk mengikat pasangan sampai akhir hayat. Selain cincin, perhiasan juga dimasukkan ke dalam daftar seserahan pernikahan. Perhiasan tersebut bukan hanya merupakan seserahan, melainkan sebagai doa agar keluarga pengantin yang baru dibangun dapat bersinar seperti perhiasan tersebut. Perhiasan ini juga diharapkan agar pihak wanita tidak mengecewakan pihak pria atau keluarga barunya. Selain itu, isi seserahan apa saja yang tidak bisa ditinggalkan yaitu seperangkat pakaian wanita. Biasanya, pakaian tersebut berupa kebaya dan juga jarik yang bermotif batik.

Daftar seserahan pernikahan lainnya yaitu buah-buahan, ini bertujuan untuk menunjukkan kasih sayang. Terutama buah pisang, tujuannya agar kasih sayang pasangan pengantin dapat bermanfaat untuk keluarga dan juga masyarakat. Daftar lainnya yaitu makanan tradisional, ini juga memiliki tujuan khusus. Makanan tradisional tersebut diantaranya yaitu wajik, jadah, jenang dan kue lapis. Ini bertujuan agar pasangan dapat lengket satu sama lain seperti makanan tradisional tersebut. Seserahan yang juga tidak boleh ketinggalan yaitu suruh ayu, isinya adalah satu set daun sirih yang bertujuan untuk mendoakan keluarga baru tersebut agar selamat dan juga bahagia.

Seserahan lainnya yaitu perlengkapan make-up dan juga sepatu atau selop. Berbeda lagi dengan daftar seserahan pernikahan adat sunda, daftar seserahan yang sudah disebutkan adalah daftar seserahan adat Jawa. Sedangkan untuk adat Sunda, biasanya mencakup uang, busana pernikahan, peralatan dapur, peralatan rumah tangga, makanan dan lain sebagainya. Setiap adat memiliki tradisi sendiri, tetapi pada dasarnya seserahan dilakukan sebelum acara pernikahan dilaksanakan. Oleh sebab itu, agar seserahan dapat berjalan lancar, daftar seserahan pernikahan harus dipersiapkan dengan baik.

Author Info

Admin

No Comments

Post a Comment